Pages

Sabtu, 19 Juni 2010

LIMA KIAT HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH


Dalam sejarah Rasulullah SAW, konon diketahui bahwa selama hidupnya pernah mengalami sakit dua kali saja. Pertama ketika beliau menerima wahyu yangpertama kalinya. Sakit yang kedua adalah ketika beliau menjelang wafat . memang ada juga pendapat yang menyatakan bahwa Rasulullah pernah mengalami sakit lebih dari duak kali. Namun pendapat tersebut tetap menunjukkan bahwa Rasulullah memang jarang menderita sakit selama hidupnya.

Dengan melihat betapa sibuknya beliau dalam mengemban tugas kenabian, maka pendapat tersebut tetap memberikan gambarn betapa kuat fisik beliau .

Ada lima kebiasaan hidup yang rupanya menjadi fondasi yang kuat bagi kesehatan beliau

Pertama, Rasulullah SAW sangat selektif dalam memilih makanan yang halalan toyyiban. Rasulullah SAW hanya makan makanan yang halal, dalam arti bukan makanan yang haram yang diperoleh dari usaha atau cara yang tidak dibenarkan secara syariat.


Kedua, Rasulullah tidak makan sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Dalam hal ini rasulullah SAW tidak makan sampai terlalu kenyang. Tidak makan sampai diluar batas kemampuan perutnya. Rasulullah SAW mempertimbangkan kemampuan perut dengan bandingan yang seimbang antara sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk oksigen atau udara


Ketiga, Rasulullah SAW makan dengan tenang, tumakninah, tidak tergesa-gesa, dengan tempo yang sedang. Cara makan Rasulullah ternyata sangat sesuai dengan anjuran kesehatan, agar kita mengunyah makanan sampai sekitar 32 kali.


Keempat, rasulullah SAW cepat tidur dan cepat bangun. Jika sudah waktunya tidur, maka Rasulullah SAW akan tidur. Tidur yang tepat dimalam hari adalah kira-kira seusai istirahat setelah isya, kurang lebih pukul 21.30. kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah bangun untuk shalat malam. Dalam konteks ini penggunaan waktu 24 jam dalam sehari semalam adalah sepertiga untk bekerja, sepertiga untuk beribadah, dan sepertiga untuk tidur.


Kelima, Rasulullah SAW selalu istiqamah melaksanakan puasa sunnah, diluar puasa wajib Ramadhan.

(Sehat dengan Puasa Sunnah: Indie Aiennuha)

2 komentar:

Sartika Ika mengatakan...

subhanallah... sebenarnya sederhana tipsnya.
tapi kita masih sering luput melakukannya.
syukron ukh, udah mengingatkan.
*saran: ketikannya diperbaiki ya ukh.. ^.^

kalo ada waktu kunjungi blog ana juga ya..
sartikaika.blogspot.com

tapi masih sunyi. harap maklum...

rida s surbakti mengatakan...

iya ukhty...

hehehehe sarannya diterima
harap maklum :)

iya blog ana juga masih sunyi

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls