Pages

Selasa, 15 Juni 2010

MULIANYA PROFESI GURU


“ seseorang yang berilmu kemudian bekerja dengan ilmunya itu, dialah yang dinamakan orang yang besar dibawah kolong langit ini. Ia bagai matahari yang memberi cahaya orang lain, sedangkan ia sendiri pun bercahaya. Ibarat minyak kasturi yang baunya dinikmati orang lain, ia sendiri pun harum.” ( Imam Ghazali)


Pernyataan Al- Ghazali tersebut menunjukkan bahwa profesi guru merupakan profesi yang paling agung dibanding dengan yang lainnya.

Ya! Paling agung,
namun apakah profesi ini semudah itu ditancapkan kepada semua guru?

Tidak sembarang guru yang bisa menyandang profesi ini.

Sebab profesi guru merupakan profesi yang sulit, tidak semudah yang selama ini kita bayangkan. Paradigma kebanyakan orang bahwa tugas seorang guru hanya sebatas mengajarkan muridnya tentang suatu ilmu. Dan itu merupakan pandangan yang salah besar. Oleh sebab itulah alasan mengapa guru di negeri kita ini banyak yang tidak berkualitas, dan banyak diremehkan itu semua karena sempitnya pemikiran tentang peranan dari guru itu sendiri


Lantas apa peran guru ituyang sebenarnya?

Peran guru adalah sebagai pengajar dan sekaligus sebagai pendidik! Ingat pendidik!
Jadi kesuksesan seorang guru tidak hanya dilihat dari seberapa mampu anak didiknya menguasai materi yang telah diajarkannya, melainkan juga seberapa berpengaruh ia terhadap perkembangan aqidah anak didiknya tersebut.


Oleh sebab itu sebelum menyandang predikat guru adakalanya kita memperbaiki aqidah dan akhlak diri kita terlebih dahulu. Sebab apa yang tercermin dari diri kita itulah yang akan dicontoh oleh anak didik kita

Jika kita suka berbicara asal-asalan, suka berbuat curang, pemarah, tidak mau berjuang, maka apa pantas kita disebut sebagai pendidik?


Maka dari itu apapun alasannya jika seorang guru minta dibeliin baju saat hari guru, atau membocorkan kunci jawaban saat ujian nasional pada muridnya sudah barang tentu si “guru” tersebut tidak layak lagi menyandang predikat guru karena perannya sebagai pendidik sudah hancur!
Hal tersebutlah yang sangat disayangkan, mulianya profesi ini seakan tercemar oleh perlakuan guru abal-abal yang tersebar secara merata diseluruh pelosok negeri

Wahai guru…
Bukalah mata dan hati kita

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls