Pages

Kamis, 18 November 2010

pencari ilmu atau pencari nilai kah?


Dahulu kala saat aku masih duduk dibangku SMA, pola pikir yang tertancap dalam otakku hanyalah pergi kesekolah-belajar yang rajin-dapat peringkat dikelas-membahagiakan orang tua. hanya itu!
target-target yang dibuat jelas namun prioritasnya hanya untuk mendapat nilai yang bagus saja. hanya sebatas itu. sehingga belajar hanyalah sebuah KEHARUSAN bukan sebagai KEBUTUHAN.
ya intinya jika belajar yang rajin maka bakal dapat nilai bagus.

Nah hal itu terus berlanjut sampai suatu ketika aku menemukan kendala. saat itu aku terus belajar dengan rajin untuk mendapatkan sesuatu. tapi kenapa aku tidak berhasil mendapatkan apa yang kumau tersebut?


kemudian seiring berjalannya waktu, saat aku mulai duduk dibangku perguruan tinggi, akupun sedikit demi sedikit belajar dan bertukar pikiran dengan orang-orang hebat. siapa mereka? yang pasti tak usah kusebut satu persatu namanya.
mereka mengajariku dan memperlihatkan kepadaku bagaimana seharusnya memperlakukan ilmu. ternyata ilmu itu kedudukannya sangat mulia, lebih mulia dan jauh lebih mulia dari sekadar mendapat nilai bagus.

akupun terkagum kagum, subhanalloh ternyata selama ini aku salah fikir, kemana saja aku selama ini? rasanya aku selama ini hanya dan hanya pemburu nilai saja.

namun aku tidak membantah bahwa mendapat nilai bagus itu penting. hanya saja nilai yang bagus itu harus diiringi dengan pemahaman yang baik pula terhadap ilmunya. apalagi saat ini aku berada didunia pendidikan. tentu aku harus bisa menguasai ilmu yang akan ku ajarkan kelak bukan?
aku langsung teringat kata seorang dosen, "kalian harus belajar yang rajin, cintailah ilmu, jika kalian tidak menguasai konsep-konsep fisika dengan baik, lantas bagaimana kalian mengajarkan anak-anak didik kalian? berdosa besar jika kalian mengajarkan asal-asalan kepada mereka." setelah mendegar kata-kata beliau aku pribadi sedikit tersentak. iya juga ya? aku sendiri saja belum yakin dengan ilmu ku, wah! perlu dan perlu belajar lagi nih. batinku.

lantas aku pernah berbincang-bincang dengan seorang teman, pembicaraan kami seputar nilai dan ilmu. spontan dia langsung mengatakan. untuk apa ilmu banyak, kalau IP standar, lulus lama, kalau aku disuruh milih bagusan ilmu pas-pasan deh dari pada harus lulus lama.
dan lantas kujawab. lebih baik jika ilmunya dapat, nilainya juga dapat! namun jika harus memilih, tak apa aku lulus lebih lama dari kalian jika ilmu yang kudapat disini sesuai dengan yang kumau, sehingga saat keluar dari universitas ini bekalku sudah lebih banyak dan lebih mantap!

yap seperti itulah dunia saat ini, seperti itulah, seperti saat aku SMA dulu. semua orang berburu nilai. sangat jarang bahkan jarang sekali orang yang benar-benar mencintai ilmu...

ya Alloh... sementara aku, aku masih sangat jauh dr kesempurnaan, pemahamanku masih cacat disana sini...
bantulah aku ya Alloh bantulah aku dan mereka agar kami bisa lebih mencintai ilmu....

Amin...

by: ukh_risa

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls